Mana lebih bagus, MIUI atau CyanoGenMod ?

Hallo Good Person
Sebelumnya kita udah bahas tentang perbandingan CPU di Smartphone, yaitu Perbedaan Prosesor Mediatek VS Snapdragon , nah sekarang kita akan bahas tentang ROM nya, yaitu Mana yang lebih bagus, MIUI atau CyanoGenMod ?


CyanoGenMod
CyanogenMod (diucapkan /saɪ.ˈæn.oʊ.ˌdʒɛn.mɒd/ atau sigh-ah-no-gen-mod), biasanya disingkat CM, adalah sistem operasi sumber terbuka untuk telepon cerdas dan komputer tablet, berdasarkan pada platform seluler Android. Hal ini dikembangkan sebagai perangkat lunak bebas dan sumber terbuka berdasarkan rilis resmi Android oleh Google, dengan menambahkan kode asli dan pihak ketiga. Hal ini didasarkan pada model pengembangan rilis bergulir.

MIUI 
MIUI (dibaca "mi-yu-ai"), yang dikembangkan oleh Xiaomi, adalah perangkat tegar stok dan alternatif untuk telepon cerdas dan komputer tablet yang berbasis pada perangkat lunak bebas sistem operasi Android.Antarmuka ini mirip dengan dan bersaing dengan antarmuka iOS milik Apple dan TouchWiz milik Samsung.MIUI mencakup berbagai fitur yang tidak tersedia dalam stok Android termasuk dukungan tema.

 Komprasi MIUI dan CyanogenMod
  • UI 
    1. CyanogenMod: Mirip dengan stock Android. CyanogenMod tidak memiliki fitur edit Tema satu persatu, jadi jika kamu ingin mengganti seperti hanya warna notifikasi, bentuk notifikasinya, hal itu tidak mungkin. 
    2. MIUI: Lebih mirip ke IOS. Tidak memiliki 'app drawer' dan semua app terletak pada menu utama dan semuanya disatu tempat. Juga memiliki fitur edit Tema satu persatu, seperti warna notifikasi, bentuk lockscreen dan sebagainya.
  • Penggunaan
    1. CyanogenMod: Memiliki beberapa fitur bagus untuk kemudahan penggunaan. Yang berarti, lebih mudah digunakan oleh pengguna Android.
    2. MIUI: Tidak terlalu berbeda dengan CyanogenMod. MIUI juga mudah digunakan oleh menggunanya.
  • Keseluruhan
    1. CyanogenMod: Memiliki banyak fitur. fitur-fitur tersebut ada di banyak menu di CyanogenMod dan banyak juga yang tersembunyi, jika kamu seseorang yang senang bermain-main dengan Smartphone mu, CyanogenMod sangatlah tepat untuk kamu.
    2. MIUI: Lebih kepada 'user-friendly' , Cocok bagi anda yang tidak ingin terlalu 'mengoprek' Smartphone.

Pro dan Kontra : 
  • MIUI lebih ringan daripada CM dalam urusan Hardware. Jadi bagi anda pengguna Smartphone Low-end, MIUI akan bekerja lebih baik didalam Smartphonemu.
  • MIUI mempersilahkan pengguna untuk mengedit edit tema satu-persatu.
  • Jika kamu mencari Android dengan Produktifitas lebih baik, Pilih MIUI. Jika mencari Stabilitas, pilih CM.

Kami telah menggunakan Keduanya, jadi pendapat kami adalah :
Gangguan yang ada pada MIUI? Terlalu banyak applikasi yang tidak dibutuhkan namun sudah terinstall dengan sendirinya.
Gangguan yang ada pada CyanogenMod ? Fitur-fitur tersembunyi yang terkadang membuat kita malas untuk mencarinya.

CyanogenMod diperuntukan untuk kamu jika mencari user-experience, senang untuk mencari-cari tentang Android.
MIUI diperuntukan untuk kamu jika mencari kemudahan dalam penggunaannya. Bentuk, warna serta penampilannya sangat cantik yang membuat mata tidak bosan untuk memandangnya

Nah, diatas adalah komprasi antara MIUI dan CyanogenMod atau CM. komprasi diatas berdasarkan user-experience yang dimiliki oleh Droid Nusantara dan diambil dari beberapa Sumber.
Selebihnya, teman-teman bisa mencoba sendiri antara MIUI dan CM ini :D