Dilema membeli Smartphone Xiaomi

droid nusantara
Hallo Good Person !
Sebelumnya, siapa sih yang ga tahu tentang Xiaomi?. Xiaomi Inc. adalah sebuah perusahaan mobile elektronik swasta yang berasal dari Tiongkok yang didirikan pada tahun 2010. Xiaomi juga memiliki Firmware berbasis Androidnya sendiri, yaitu MIUI.

Nah, setelah pengalan singkat dengan Xiaomi, tentu teman-teman Droid Nusantara sudah tidak asing dengan produk-produk Smartphone dari Xiaomi ini yang banyak digadang-gadang sebagai Flagship Killer. Sebut saja Redmi 2Mi4i, Mi4c, Mi4s, Mi5, Redmi Note 3, Redmi Pro, Mi Max dan sebagainya. Namun, kebanyakan dari produk Smartphone Xiaomi ini datang dengan Distributor yang tidak resmi. Maksudnya adalah, kebanyakan produk Smartphone Xiaomi ini tidak Release Resmi Di Indonesia. Hanya beberapa Produk Smartphone Xiaomi yang berhasil masuk secara Resmi diindonesia, yaitu Redmi 1s, Redmi 2, Redmi 2 Prime dan Mi4i dan ada beberapa lagi, selainnya didatangkan melalui Distributor.
Dilema membeli Smartphone Xiaomi


Lalu, apa sih Kelebihan dan Kekurangan dari Produk Smartphone Xiaomi yang kebanyakan didatangkan oleh Distributor, berikut kami jabarkan.

Kelebihan
1. Harga Low-end , Spesifikasi High-End.
Maksudnya adalah, banyak Smartphone releasean Xiaomi ini memiliki Spesifikasi yang Tinggi, namun dengan harga yang tergolong bersahabat. Mulai dengan Xiaomi Mi5 yang memiliki harga 4-5 jutaan, namun memiliki spesifikasi yang dapat ditandingkan dengan Smartphone lain seperti Samsung Galaxy S7 atau iPhone 6S.

2. Root = Garansi Tidak Hilang.
Banyak Smartphone yang beredar sekarang, memiliki peraturan bahwa Smartphone tersebut akan kehilangan Garansinya ketika di Root. Namun hal itu tidak berlaku pada produk Xiaomi, ketika Smartphone Xiaomi di Root, maka garansi tidak akan hilang. Tarolah seperti Smartphone yang dimiliki admin Droid Nusantara, Mi4i, yang ketika di Root tidak menghilangkan Garansi
Dilema membeli Smartphone Xiaomi

Kekurangan
1. Harga yang Jatuh
Dengan didatangkannya Produk Smartphone Xiaomi oleh Distributor, maka Harga pun akan sulit untuk di prediksi. Berilah contoh, ketika Xiaomi Mi4c awal release, Harga berada di kisaran 3-4 jutaan. Namun sekarang setelah hampir 1 tahun release-an nya di dunia, Harga Xiaomi Mi4c di indonesia hanya kisaran 1.5-2.5 jutaan. Sama juga seperti Xiaomi Redmi Note 3, pada awal release-an nya, Smartphone tersebut bertahan di kisaran 3-4 jutaan, namun sekarang, harga Xiaomi Redmi Note 3 berada di kisaran 1.5-3 jutaan.

2. Produk 'China'
Produk Xiaomi ini berasal dari Negara Tiongkok sana, jadi banyak orang Indonesia yang beranggapan, bahwa Xiaomi ini adalah Produk asal-asalan. Kebanyakan orang Indonesia memiliki Mindset bahwa produk dari China memiliki kualitas yang buruk.

Nah, jadi begitulah Dilema-Dilema yang dialami Customer ketika akan membeli Smartphone Xiaomi. Namun tentu, dengan kita sebelumnya bisa mempelajari tentang Smartphone dan mencari sumber sebanyak-banyaknya, kita pun akan bisa berkesimpulan, apakah Xiaomi ini layak untuk dimiliki, atau tidak...